Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Cara Gaya Hidup Sehat Manjur

Artikel ini ditulis ditujukan untuk publik dengan tujuan memberi informasi mengenai  Tips cara gaya hidup sehat sekaligus mengurangi adanya risiko serangan penyakit kronis seperti diabetes. Gaya hidup sehat akan memberikan lebih banyak keuntungan bagi anda dibandingkan dengan mengandalkan obat-obatan dan juga bahan kimia yang katanya dapat menunjang kesehatan. Sebagai contoh sederhana mengkonsumsi buah secara rutin jauh lebih baik dengan mengkonsumsi multivitamin dari apotik.

Cara yang palin baik adalah dengan cara mencari pengetahuan tentang tubuh anda, namun jika anda tidak cukup tertarik membaca artikel dan jurnal kesehatan mengenai kebutuhan tubuh, ada baiknya anda membaca rangkuman yang ada pada artikel ini yang meungkin akan membantu anda menjaga kesehatan anda dengan mengatur pola hidup sehat anda.

Menjalani gaya hidup sehat jauh lebih baik daripada pergi berobat ketika anda sedang sakit. Namun ada baiknya anda secara rutin ke dokter untuk melakukan detoksifikasi tubuh untuk menghilangkan bakteri dari tubuh anda atau cacing yang berdiam di lambung anda. Detoksifikasi ini penting untuk anda terutama bagi mereka yang telah lanjut usia, karena daya detoksifikasi tubuh berkurang sejalan dengan bertambahnya usia.

1 .  Gaya Hidup Sehat dengan memperhatikan Kesehatan Anda

Kesehatan adalah hal yang paling berharga dalam hidup bahkan beberapa orang rela kehilangan harta benda demi sebuah kata yakni "Kesehatan". Namun demikian, meskipun anda kaya kesehatan bukanlah suatu hal yang dapat dibeli dari toko obat atau sebuah laboratorium kimia dan farmasi. Kesehatan maksimal dapat dicapai dengan memperbaiki gaya hidup anda, menjaga pola makan dan mengatur pola tidur. Melakukan olahraga secara rutin dan juga cek kesehatan (bukan berobat). Memperbaiki pola kerja dan tidak memaksakan diri adalah cara terbaik untuk menjaga kesehatan anda. Gaya hidup sehat akan lebih baik bagi anda karena dapat mengurangi berbagai macam penyakit dan mengurangi biaya kosnultasi ke dokter.

2 . Gaya Hidup Sehat dengan memperhatikan berat badan

Berat badan adalah indikator sehat tidak seseorang, kelebihan dan kekurangan bisa jadi menandakan anda mengidap satu penyakit tertentu. Menjaga berat badan adalah salah satu gaya hidup sehat. Obesitas tidaklah sehat baik untuk orang dewasa maupun anak-anak. Menurut Spigel (2002) berpendapat bahwa obesitas akan berdampak pada gangguan ortopedi, sleep apnea, diabetes melitus, asam, tekanan darah tinggi, kolesterol, gangguan kesehatan kulit, dan juga masalah emosi. Jagalah berat badan anda dengan rutin berolahraga dan senam kardio. Mengangkat beban (jangan terlalu berat!) dapat membakar beberapa kalori dan juga membantu mencegah tulang keropos atau osteoporosis.

3 . Gaya Hidup Sehat dengan rutin latihan dan olahraga ringan

Beberapa orang berpendapat bahwa mengkonsumsi obat dapat menurunkan kolesterol sampai tingkat normal. Namun jika dikonsumsi secara terus menerus obat bahkan akan menyerang fungsi organ anda yang lain seperti hati. Melakukan latihan dan olahraga ringan secara rutin dapat membantu hormon insulin anda bekerja secara alami. Hormon insulin yang bekerja dengan baik selanjutnya dapat mengurangi resiko terserang penyakit seperti diabetes. Gaya hidup sehat seperti mengurangi rokok, makan kamakan berserat dan rendah lemak dapat membantu mengurangi menjaga berat badan dan juag mengurangi resiko serangan penyakit jantung.
Lanjutkan

4 . Gaya Hidup Sehat dengan Menghubungi dokter

Kita semua ingin langsing dan memiliki tubuh yang sehat untuk berbagai alasan estetika, sosial dan medis. Hidup sehat amerupakan obat yang paling mujarab dan manjur . Dalam penelitian yang dilakukan oleh Tufts University di New England Medical Center, beberapa pasien dengan penyakit jantung yang program latihan secara rutin, terbukti secara signifikan dapat mengurangi kolesterol LDL dan faktor risiko lain di luar apa yang diberikan oleh terapi obat. Bahkan penurunan berat badan dapat membantu mengurangi biaya medis dan obat-obatan, membantu menghindari operasi bariatrik , dan co -morbiditas seperti asma , hipertensi , dan diabetes .

5 . Gaya Hidup Sehat dengan memperhatikan Wellness 

Wellness dapat diartikan adalah menanggapi semuanya dengan baik: tubuh Anda, sikap Anda, dan lingkungan Anda. Sebuah penelitian menunjukkan gaya hidup sehat dapat memanjangkan umur seseorang. Meskpiun kemungkinan terkena penyakit menular yang disebabkan oleh virus seperti flu, hidup dengan pola sederhana, ikhlas dan lapang dada dapat membantu mengurangi resiko terkena penyakit dan yang paling utama menghindari stres. Kelebihan stres atau beban pikiran akan mengundang berbagai macam penyakit karena Stres secara berlebih mampu mengacaukan sistem hormon tubuh. Oleh karena sebisa mungkin kurangi stres dengan gaya hidup yang lebih sederhana, ikhlas dan tidak lupa murah senyum.

6 . Gaya Hidup Sehat dengan memperhatikan perawatan

Cara sehat terbaik adalah dengan melakukan perawatan terhadap diri sendiri. Selain mengurangi biaya yang besar, merawat diri sendiri dapat mencegah berbagai macam penyakit. Mulailah merawat diri dari yang paling sederhana seperti menjaga pola makan, mengurangi begadang, menghindari stress dan juga mengurangi segala kegiatan yang berpantangan dengan kesehatan seperti merokok dan begadang.

7 . Gaya Hidup Sehat dengan mengontrol diri

Gaya hidup sehat berarti mampu untuk mengontrol diri. Kebanyakan orang telah mengetahui pola hidup sehat namun masih sangat berat untuk memulai. Misalnya perokok, jika kita bertanya kepada perokok hampir 100% akan menjawab bahwa merokok dapat merusak kesehatan dan menjadi agen kanker terbesar sepanjang sejarah.  Namun sangat susah untuk berhenti merokok dengan berbagai alasan. Mulailah gaya hidup sehat anda dengan mengontrol diri anda. Tips gaya hidup sehat yang paling mudah adalah dengan memulai mengontrol diri anda pada hal-hal yang bersifat sederhana, misalnyam, menghindari makan makanan instan dan junk food, baru beralih pada kebiasaan merokok. Jika sudah dapat menghindari yang kebiasaan jelek, mulai mengatur jadwal olahraga dan latihan ringan secara rutin. Cara ini merupakan cara yang paling sederhana untuk menjaga kualitas hidup anda.


Tips dan Cara Gaya Hidup Sehat manjur